BENGKULU

Bengkulu adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Sumatera. Bengkulu merupakan pemekaran dari provinsi Sumatera Selatan. Bumi Rafflesia merupakan sebutan untuk daerah Bengkulu dikarenakan bunga terbesar di dunia tersebut merupakan flora endemik Bengkulu. Provinsi Bengkulu memiliki banyak keunikan yang tidak kalah menarik. Langsung saja berikut keunikan Bengkulu.
1.       Bunga Rafflesia


Image result for bunga rafflesia 
Bunga rafflesia merupakan bunga terbesar di dunia yang juga merupakan flora asli endemik Bengkulu. Bunga ini menjadi terkenal setelah diperkenalakan oleh Sir Thomas Raffles dan Dr. Arnoldy pada tahun 1818. Bunga rafflesia tidak memiliki akar, daun, ataupun batang melainkan hanya bunga dan hidup secara parasit. Bunga rafflesia merupakan bunga bermahkota lima yang dapat tumbuh dengan lebar bunga dapat mencapai 100 cm dan berat 10 kg.
2.       Batik Besurek

Image result for batik besurek
Batik ini merupakan batik khas dari daerah Bengkulu. Batik besurek bermotif kaligrafi Arab dan biasanya dipadukan dengan motif bunga rafflesia. Besurek artinya bersurat atau tulisan. Pada umumnya motif kaligrafi Arab pada batik ini tidak memiliki makna. Motif lain yang sering dipadukan adalah motif burung kuau, motif relung paku, motif rembulan, dan lainnya.
3.       Pantai
Bengkulu terletak di daerah pesisir pantai menghadap ke Samudera Hindia, sehingga panas terik pesisir dan badai dari angin samudera sudah biasa dirasakan. Karena terletak di daerah pesisir, Bengkulu memiliki banyak pantai yang indah. Pantai Panjang terkenal dengan panjangnya yang sampai 7 km dan dihiasi oleh pohon cemara.

Image result for pantai panjang bengkulu
 Pantai Pasir Putih yang memiliki pasir putih dan berbagai pohon cemara.

Related image
Pantai Laguna Samudera memiliki laguna yang luas berkonsep hutan pantai.

Related image




4.       Tambang Emas

Image result for tambang emas rejang bengkulu

Dulu ada penambangan emas di daerah Bengkulu semasa pemerintahan Hindia-Belanda. Sekarang tambang itu sudah berhenti dikarenakan sudah habis deposit emas di daerah tambang tersebut.
5.       Rumah Pengasingan Soekarno

Image result for rumah pengasingan bung karno di bengkulu

Pernah sekali Soekarno diasingkan ke Bengkulu oleh pihak Belanda. Semasa pengasingannya, Soekarno ikut merenovasi masjid Jamik yang cukup terkenal di Kota Bengkulu. Di sini juga Soekarno jatuh hati kepada Fatmawati yang merupakan istri Soekarno nantinya. Rumah pengasingan Soekarno sekarang masih sangat terawat dan dijadikan sebagai salah satu objek wisata. Ada sumur di rumah ini yang katanya airnya bisa membuat awet muda.

6.       Benteng Marlborough

Image result for benteng marlborough di bengkulu


Di daerah pesisir Kota Bengkulu terdapat sebuah benteng berdiri masih kokoh yang dibuat oleh pihak Inggris semasa Bengkulu masih berada di tangan Inggris. Keunikan dari benteng ini adalah bentuknya yang mirip kura-kura jika dipotret dari atas. Benteng ini sekarang merupakan objek wisata yang dilindungi. Masih ramai pengunjung benteng ini dengan renovasi yang sudah dilakukan oleh pemerintah.

Sumber : (https://id.wikipedia.org/wiki/Bengkulu)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TELKOM UNIVERSITY

ASRAMA TELKOM UNIVERSITY